Versi Android


Breaking News

kurikulum

Rabu, 28 Oktober 2015

PENGELOLAAN GURU KONSELOR


Unit belajar ini memfasilitasi calon kepala sekolah untuk memahami Pengelolaan Guru Konselor yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan cara menelaah berbagai kasus yang terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Read more ...

PENGELOLAAN TENAGA PERPUSTAKAAN


Unit belajar ini memfasilitasi calon kepala sekolah untuk memahami Pengelolaan Tenaga Perpustakaan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan cara menelaah berbagai kasus yang terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Read more ...

PENGELOLAAN TENAGA LABORATORIUM


Unit belajar ini memfasilitasi calon kepala sekolah untuk memahami pengelolaan tenaga laboratorium yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan cara menelaah berbagai kasus yang terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Read more ...

PENGELOLAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH


Unit belajar ini memfasilitasi calon kepala sekolah untuk memahami Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan cara menelaah berbagai kasus yang terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Read more ...

PENGELOLAAN GURU


Unit belajar ini memfasilitasi calon kepala sekolah untuk memahami pengelolaan guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan cara menelaah berbagai kasus yang terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Read more ...

Diskusi Tentang Pembinaan Tenaga Administrasi Sekolah


1. Penguatan Kompetensi Kepribadian Administrasi Sekolah
• Integritas dan akhlak mulia
• Etos kerja positif
• Pengendalian diri
• Rasa percaya diri
• Fleksibilitas
Read more ...

PERAN DAN TANGGUNGJAWAB LEMBAGA TERKAIT


Proses Pemerolehan Sertifikat Kepala Sekolah/Madrasah dengan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) bagi calon kepala sekolah/madrasah melibatkan beberapa lembaga yang memiliki peran dan tanggungjawab yang berbeda, yaitu:
A. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)
1. Memverifikasi laporan diklat yang berisi usulan pemerolehan NUKS untuk calon kepala sekolah/madrasah yang lulus diklat In-On-In;
Read more ...

PROSEDUR PEMEROLEHAN SERTIFIKAT DAN NOMOR UNIK KEPALA SEKOLAH


Prosedur pemerolehan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS) merupakan tahapan setelah prosedur diklat dalam sistem program penyiapan calan kepala sekolah/madrasah. Secara garis besar prosedur pemerolehan sertifkat dan NUKS terdiri dari 4 tahapan yaitu:
1. penerimaan data lulusan diklat calon kepala sekolah/madrasah; 
2. verifikasi; 
3. penerbitan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS). 
4. penyerahan sertifikat.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut:
Read more ...

Penyusunan Rencana Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Sesuai Standar Pelayanan Minimal


Rancangan program pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar pelayanan minimal menjadi hal utama yang harus diperhatikan.
Pengadaan adalah segala kegiatan untuk menyediakan semua keperluan barang bagi keperluan pelaksanaan tugas untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam pengadaan barang sebenarnya tidak terlepas dari perencanaan pengadaan yang telah dibuat sebelumnya baik mengenai jumlah maupun jenisnya.
Read more ...

Pemahaman Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan Sarana dan Prasarana Sekolah


Permendiknas No. 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal adalah tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang diselenggarakan oleh daerah kabupaten/kota.Permendiknas nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan prasarana.
Read more ...

Pengidentifikasian Sarana dan Prasarana Sekolah


1. Definisi Prasarana dan Sarana
Prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan . misalnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah,lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan .misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan sebagainya.
Read more ...

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KAPASITAS PESERTA DIDIK


Dalam Permendiknas No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan pada Bab 1 pasal 1 menyatakan bahwa tujuan Pembinaan Kesiswaan adalah:
a. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
c. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
d. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
Read more ...

PERENCANAAN DAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU


Dalam melakukan penyusunan agenda Perencanaan dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang merupakan langkah awal dari proses penerimaan peserta didik. Langkah awal ini sangatlah penting, sebagai penentu kinerja sekolah pada masa yang akan datang.
Read more ...

KONSEP DAN LATIHAN TINDAK LANJUT HASIL SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU


Tindak lanjut hasil analisis supervisi akademik merupakan pemanfaatan hasil supervisi. Secara garis besar tindak lanjut hasil supervisi adalah dalam bentuk:
1. Pembinaan
Kegiatan pembinaan, yang dapat berupa pembinaan langsung dan tidak langsung.
a. Pembinaan langsung
Pembinaan ini dilakukan terhadap hal-hal yang sifatnya khusus, yang perlu perbaikan dengan segera dari hasil analisis supervisi.
Read more ...

KONSEP DAN LATIHAN TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK


Mengingat pentingnya supervisi akademik untuk membantu meningkakan profesionalisme guru, maka calon kepala sekolah memahami dan terampil melakukan supervisi akademik. Supervisi akademik memiliki beberapa teknik.
Teknik supervisi akademik terdiri dari teknik supervisi individual dan teknik supervisi kelompok.
1. Teknik supervisi individual
Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi perorangan terhadap guru yang mempunyai masalah khusus.
Read more ...

KONSEP, PERENCANAAN DAN LATIHAN SUPERVISI AKADEMIK


1. Konsep supervisi akademik
Supervisi berasal dari kata ‘super dan vision’. Super berarti tinggi, atas dan vision artinya melihat. Sehingga supervisi adalah melihat dari atas, artinya orang yang melihat itu mempunyai kemampuan yang lebih (tinggi) dari yang dilihat. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).
Read more ...

DOKUMEN 2 KTSP: RPP



A. Konsep RPP
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Read more ...

PENYUSUNAN DOKUMEN 2: SILABUS


A. Pengertian Silabus
1. Pengertian Silabus
Istilah silabus dapat dide..inisikan sebagai “Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran” (Salim, 1987: 98). Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD. Seperti diketahui, dalam pengembangan kurikulum
Read more ...

DISKUSI TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH


Panduan Penyusunan KTSP dari BSNP
1. Pengertian KTSP
Panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Read more ...

Rencana Program Kegiatan Produksi Dan Jasa Sekolah

Perencanaan unit produksi dan jasa sekolah ialah kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengelola unit produksi dan jasa untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Perencanaan unit produksi dan jasa dalam hal ini adalah perencanan pembelajaran dan usaha atau bisnis karena fungsi unit produksi dan jasa sekolah adalah sebagai sumber belajar atau wahana bagi siswa melakukan praktik dan pendanaan pendidikan bagi sekolah yang melaksanakan unit produksi tersebut.
Read more ...

Unit Produksi dan Jasa Sekolah

Unit produksi dan jasa sekolah ialah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah/madrasah secara berkesinambungan, bersifat akademis dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha produksi/jasa yang dikelola secara profesional (Bambang Sartono, 2006).
Read more ...

MEKANISME AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH

1. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah
Penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan secara rutin sesuai peraturan yang berlaku.
Read more ...

ALOKASI KEUANGAN SEKOLAH

1. Keuangan Sekolah bersumber dari:
a. Rutin
Anggaran rutin digunakan untuk:
1). gaji dan tunjangan
2). tunjangan beras
3). uang lembur
Read more ...

MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER KEUANGAN SEKOLAH

Saat ini, sebagaimana tertuang dalam PP Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, disebutkan bahwa ada 3 jenis biaya pendidikan, yaitu Biaya Satuan Pendidikan, Biaya Penyelenggaraan dan/atau Pengelolaan Pendidikan, serta Biaya Pribadi Peserta Didik.
Read more ...

PENYUSUNAN RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS)

Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), menggerakkan atau memimpin (actuating atau leading), dan pengendalian (controlling) merupakan fungsi-fungsi yang harus dijalankan dalam proses manajemen. Jika digambarkan dalam sebuah siklus, perencanaan merupakan langkah pertama dari keseluruhan proses manajemen tersebut.
Read more ...

INSTRUMEN EDS

Bentuk instrumen
Instrumen EDS/M terdiri dari 8 (delapan) standar nasional pendidikan yang dijabarkan ke dalam 26 komponen dan 60 indikator. Setiap standar terdiri atas sejumlah komponen yang mengacu pada masing-masing standar nasional pendidikan sebagai dasar bagi sekolah dalam memperoleh informasi kinerjanya yang bersifat kualitatif.
Read more ...

MENGENAL EVALUASI DIRI SEKOLAH

Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah adalah EDS/M adalah proses Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah yang bersifat internal untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
Read more ...

JIWA KEWIRAUSAHAAN CALON KEPALA SEKOLAH

Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah proses menciptakan sesuatu yang baru dan berani mengambil risiko dan mendapatkan keuntungan. Para ahli sepakat bahwa yang dimaksud dengan kewirausahaan menyangkut tiga perilaku yaitu:
a. kreatif
b. komitmen (motivasi tinggi dan penuh tanggung jawab), dan
c. berani mengambil risiko dan kegagalan.
Read more ...

BEKERJA SAMA DENGAN PIHAK LAIN DAN MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL TERHADAP ORANG ATAU KELOMPOK LAIN

Sekolah membutuhkan kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Di sekolah kepala sekolah bersama guru, walikelas, wakil kepala sekolah dan staf tata usaha melakukan pencapaian tujuan sekolah. Kebersamaan di sekolah harus dibangun oleh kepala sekolah, keberhasilanya melahirkan sekolah sekolah menjadi sehat dan kuat.
Read more ...

INTEGRITAS KEPRIBADIAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH


Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas kesehariannya selalu berhadapan dengan pimpinan di atasnya, guru, staf tata usaha, siswa, orang tua siswa dan keluarganya. Dalam banyak hal tugasnya menuntut satunya kata dengan perbuatannya.
Read more ...

Manajemen Konflik

Sebuah organisasi sekolah/madrasah selayaknya dikembangkan sebagai sistem yang mendorong upaya kerjasama antar pendidik, tenaga kependidikan dan siswa . Namun, dalam “kehidupan nyata” (the real world), organisasi akan selalu diwarnai konflik dalam berbagai bentuk dan tingkat kekuatannya, baik secara positif dan negatif.
Read more ...

Kepemimpinan Transformasional


Model kepemimpinan transformasional merupakan model kepemimpinan yang relative baru. Model kepemimpinan ini sangat tepat apabila diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Asumsi yang mendasari kepemimpinan transformasional adalah bahwa setiap orang akan mengikuti seseorang yang dapat memberikan mereka inspirasi, mempunyai visi yang jelas , serta cara dan energi yang baik untuk mencapai sesuatu tujuan baik yang besar.
Read more ...

Gaya Kepemimpinan


Gaya kepemimpinan pendidikan terlihat pada pola-pola yang dikembangkan dalam berbagai kebijakan yang dilakukan dalam menjalankan kepemimpinan. Berbagai bentuk gaya kepemimpinan tersebut terimplementasi dalam semua kebijakan pendidikan yang meliputi pembinaan terhadap semua personel sekolah dan pelaksanaan program-program pendidikan.
Read more ...

Pendekatan Teori Munculnya Pemimpin



Ada beberapa teori yang membahas tentang munculnya pemimpin diantaranya :
1. Teori Genetik
Seseorang akan menjadi pemimpin karena ia memang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Menurut teori ini, hanya orang-orang yang mempunyai bakat dan pembawaan saja yang bisa menjadi pemimpin.
Read more ...

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah/ Madrasah


Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan, kepala sekolah/madrasah harus mampu melaksanakan perannya dengan baik. Adapun peran kepala sekolah/madrasah menurut Diknas adalah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator atau sering disebut EMASLIM (Diknas, 2000 :iv).
Read more ...
Designed By