Versi Android


Breaking News

kurikulum

Rabu, 28 Oktober 2015

DOKUMEN 2 KTSP: RPP



A. Konsep RPP
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar. RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
Setiap Guru wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
RPP memuat identitas mata pelajaran, Standart kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Untuk lebih memahami bagaimana menyusun RPP, sebaiknya Saudara membaca Pedoman Pengembangan RPP Depdiknas 2008 dan Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang StSaudarar Proses yang memuat komponen RPP, prinsip-prinsip penyusunan RPP, dan hal-hal apa saja yang harus dituliskan pada format RPP.
B. FORMAT RPP
Berikut ini adalah Format RPP berdasarkan petunjuk teknis Pengembangan Silabus Tahun 2010.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :….
Mata Pelajaran : .....
Kelas/Semester : .....
Alokasi Waktu : ..... x … menit (… pertemuan)

1. Standar Kompetensi
2. Kompetensi Dasar
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
4. Tujuan Pembelajaran
5. Materi Pembelajaran
6. Metode Pembelajaran
7. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi dan Kon ..irmasi)
c. Penutup
8. Penilaian Hasil Belajar
9. Sumber Belajar



Sumber :
LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN KEPALA SEKOLAH
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan masukkan ke dalam blog ini

Designed By