Versi Android


Breaking News

kurikulum

Rabu, 28 Oktober 2015

INTEGRITAS KEPRIBADIAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH


Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas kesehariannya selalu berhadapan dengan pimpinan di atasnya, guru, staf tata usaha, siswa, orang tua siswa dan keluarganya. Dalam banyak hal tugasnya menuntut satunya kata dengan perbuatannya.
Sebagai kepala sekolah, tidak selamanya tuntutan itu dapat dipenuhi karena berbagai pertimbangan dan tindakan itu memang menjadi tanggungjawabnya.
Sekolah negeri yang menjalankan fungsi pelayanan pendidikan untuk semua warga negara dalam mendapat pelayanan pendidikan dasar akan berbeda dengan sekolah swasta milik masyarakat dalam melayani warga negara, dalam berbagai hal kepala sekolah negeri harus menyesuaikan keputusannya dengan pimpinan di atasnya. Penyesuaian itu dapat mengganggu integritas kepribadian kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Dari pimpinan ia mendapat tekanan, sementara dari pihak guru, staf administrasi, siswa dan orang tua siswa kepala sekolah harus memperjuangkan kepentingan mereka. Benturan kepentingan tak dapat dihindarkan ketika kepala sekolah menjalankan putusannya untuk mengutamakan salah satu dari mereka. Tidak jarang keputusan kepala sekolah berpihak pada putusan yang datang dari pimpinan di atasnya dengan mengesampingkan tuntutan yang datang dari guru, staf administrasi, siswa, dan orang tua, Teten Masduki menjuliki keadaan itu sebagai kepsek dianggap perpanjangan birokrasi (Republika Kamis 10 Februari 2011 halaman 7).
Sementara dalam pelaksanaan tugasnya ia juga harus menyesuaikan dan mengimbangkan dengan tuntutan yang datang dari pihak keluarga yakni dari istri dan anaknya. Ketika, tuntutan keluarga tak dipenuhi oleh diri kepala sekolah, benturan kepentingan tak dapat terhindari. Dalam banyak hal, tuntutan keluarga lebih sering di nomor duakan ketimbang urusan dinas atau urusan sekolah.
Konflik di sekolah yang dipersepsikan sebagai akibat kecenderungan pilihan keputusan kepala sekolah yang menitik beratkan salah satu kepentingan, bila tidak segera di atasi oleh kepala sekolah dapat mengakibatkan merugikan diri dan sekolah. Untuk keperluan itu kepala sekolah harus mempunya integritas.

Sumber :
LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN KEPALA SEKOLAH
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan masukkan ke dalam blog ini

Designed By