Versi Android


Breaking News

kurikulum

Rabu, 28 Oktober 2015

Manajemen Konflik

Sebuah organisasi sekolah/madrasah selayaknya dikembangkan sebagai sistem yang mendorong upaya kerjasama antar pendidik, tenaga kependidikan dan siswa . Namun, dalam “kehidupan nyata” (the real world), organisasi akan selalu diwarnai konflik dalam berbagai bentuk dan tingkat kekuatannya, baik secara positif dan negatif.

 Konflik dapat terjadi dengan:
(1) diri sendiri,
(2) seseorang,
(3) kelompok,
(4) organisasi,
(5) kelompok dengan kelompok,
(6) kelompok dengan organisasi, dan
(7) organisasi dengan oganisasi.

Penyebab utama konflik menurut Hunsaker (2003) adalah
a) masalah komunikasi (salah pengertian, ketertutupan, penyampaian yang kasar, dan sebagainya);
b) disain struktur (tempat basah dan tempat kering) dan perbedaan personal (perbedaan latar belakang budaya, pendidikan, pengalaman, usia, dan lain-lain).

Adapun cara mengatasi konflik dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
a) mempelajari penyebab utama konflik;
b) memutuskan untuk mengatasi konflik; dan
c) memilih strategi mengatasi konflik. Secara umum, kepala sekolah/madrasah akan menghadapi sejumlah konflik, dan kepala sekolah sekolah/madrasah memegang peran yang sangat penting dalam menyelesaikan konflik. Konflik tidak boleh dihindari namun harus dikelola dengan baik.

Pengelolaan konflik dengan tepat akan memberikan dampak positif bagi sekolah/madrasah, seperti 1)meningkatnya hubungan kerjasama yang produktif;
2)meningkatnya motivasi kerja untuk melakukan kompetisi secara sehat antar pribadi maupun antar kelompok dalam organisasi, seperti terlihat dalam upaya peningkatan prestasi kerja, tanggung jawab, dedikasi, loyalitas, kejujuran, inisiatif dan kreativitas;
3)semakin berkurangnya tekanan-tekanan, intrik-intrik yang dapat membuat stress dan 4)meningkatnya ketertiban dan kedisiplinan dalam menggunakan waktu bekerja.

Sumber :
LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN KEPALA SEKOLAH
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan masukkan ke dalam blog ini

Designed By