Versi Android


Breaking News

kurikulum

Rabu, 06 Januari 2016

STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN


Kita menyadari bahwa pendidikan akan maju itu ada peran dari guru dibelakangnya. Ketika anak mendapat perlakuan dari guru dengan hal yang tidak menyenangkan maka anak cenderung berpikir yang negatif. Dalam hal ini guru harus berhati-hati dalam mengajarkan anak-anak agar tidak terjadi lagi tindakan negatif dari anak didik kita.
Guru juga harus di manusiakan, agar psikologi guru sendiri mendapat asupan yang positif sehingga guru merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Sekolah sebaiknya mengadakan meeting pagi dan sore setiap harinya, agar terjadi komukasi yang positif diantara masing-masing pendidik. Hal ini sangat baik sekali untuk membiasakan para pendidik berpikir positif. Guru juga harus diberi tekanan yang wajar dalam lingkup tugas pokok dan fungsi pendidik, misalnya administrasi sekolah harus segera dibuat. Hal ini dibuat untuk melihat jiwa guru itu sendiri, mana yang bertanggung jawab dan mana yang tidak bertanggung jawab.  Kita harus melihat guru mana yang karakternya bagus, itulah yang harus kita tingkatkan dan kita apresiasi.
Buku penghubung antara sekolah dan orang tua harus terus ditingkatkan, karena hal ini sangat bermanfaat untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Semakin dekat kita dengan orang tua, semakin banyak masukan dan bahan untuk evaluasi diri sekolah. Namun semua masukan dari orang tua harus kita seleksi agar tidak terjadi salah paham.
Kalimat positif harus selalu keluar dari pihak sekolah agar customer kita yaitu murid dan orang tua merasa puas dan nyaman berada disekolah kita.  Dalam memilih kata kita harus jeli dan teliti, karena orang tua akan menilai apa yang terucap dari diri sekolah, itulah karakter sekolah. Maka itu kita harus terus belajar dalam merangkai kata yang akan disampaikan kepada orang tua siswa.
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah keadaan yang dimana orangtua itu sangat dipentingkan sekali oleh sekolah. Misalnya orang tua memberikan usulan kepada sekolah, maka sekolah harus mencacat dihadapan mereka agar terdapat kesan betapa pentingnya peran orang tua tersebut untuk sekolah. Hal seperti ini kadang dilalaikan oleh pihak sekolah, padahal dampak yang akan terjadi pada sekolah akan hal ini akan sangat luar biasa.
Hal berikutnya yang dapat membuat sekolah maju adalah semua guru yang ditanya oleh orang tua menjawab dengan diplomatis, dan sangat dihindari kata-kata “Saya tidak tahu”. Jangan sampai kata tersebut keluar dari ucapan seorang guru disekolah. Setidaknya kata tersebut bisa digantikan dengan” baik ibu, nanti saya akan koordinasikan dengan teman yang lain tentang berita ini, dan kami segera memberi info kembali kepada ibu secepatnya.” Atau kita dapat belajar dari berbagai macam buku bagaimana seni menjawab pertanyaan dengan sukses.
Demikian hal-hal yang perlu diteliti lebih lanjut tentang kemajan sekolah.
Semoga membantu
Salam sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan masukkan ke dalam blog ini

Designed By