Versi Android


Breaking News

kurikulum

Minggu, 29 November 2015

Bagaimana melakukan perubahan dalam perencanaan pembelajaran dan Penilaian?



Lulusan Seperti Apa Yang Sekolah ingin wujudkan?
Model:
Berahlak mulia
Terampil berpikir kritis
Belajar mandiri, kreatif, dan inovatif
Berkolaborasi
Berkarya

Mampu belajar tentang bagaimana belajar
Mengembangkan kemampuan metakognitif
Berpikir divergen.
Terampil berkomunikasi

Prinsip Apa Yang Saudara Yakini ?

  • Apakah kerja, kerja, kerja model Korea Selatan
  • Apakah model Finlandia yang mengintegrasikan belajar bersungguh-sunguh berbasis permainan dan kolaborasi?

Aktivitas Pembelajaran:
  • Meningkatkan penguasaan konsep perencanaan pembelajaran (Silabus, identifikasi kompetensi, pemetaaan beban belajar, RPP, buku guru, dan buku siswa)
  • Eksplorasi referensi tentang pedoman penyusunan RPP dan sumber lain yang relevan
  • Diskusi tentang karakteristik pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan
  • Praktik merumuskan masalah, menganalisis alternatif solusi,  membimbing pelaksanaan  perbaikan RPP, pembelajaran dan penilaian
Prinsip Pembelajaran :

  • siswa difasilitasi untuk mencari tahu;
  • siswa belajar dari berbagai sumber belajar;
  • proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
  • pembelajaran berbasis kompetensi;
  • pembelajaran terpadu;
  • pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi;
  • pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
  • peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
  • pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat;
  • pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
  • pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
  • pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
  • pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya siswa; dan
  • suasana belajar menyenangkan dan menantang. 
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan masukkan ke dalam blog ini

Designed By